Masyarakat Jawa Barat pasti mengenal Gedung Sate yang merupakan bangunan sejarah yang terkenal di kancah nasional bahkan internasional. Hingga saat ini usia Dari gedung ini sudah lebih dari 90 tahun dan menjadi saksi proses pemerintahan di Jawa Barat hingga mencapai masyarakat yang sejahtera.

Pada awalnya gedung ini diberi nama gedung Hebe atau Gouvernements Bedrijven yang kemudian diubah namanya pada tahun 1960-an.

Keunikan Gedung Sate Bandung

Gedung Sate
Gedung Sate

Disebut dengan Gedung Sate karena terdapat simbol seperti tusuk sate di menaranya dan 6 ornamen seperti jambu air. Kemudian tusuk sate ini menjadi ciri khas dari puncak bangunan pemerintahan Jawa Barat ini.

Pada awalnya gedung ini menjadi pusat aktivitas jawatan pekerjaan umum dan kemudian beralih fungsi sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat. Sejak itu gedung ini mempunyai sebutan baru yaitu kantor gubernur. Jika diperhatikan maka gedung ini bentuknya persegi panjang dan membentang dari arah selatan ke utara.

Ada dua bagian di gedung ini yaitu bagian sayap Timur dan sayap Barat. Di sayap timur terdapat kantor pusat Pos dan Giro sementara di bagian sayap barat adalah Gedung DPRD Jawa Barat yang ada sejak tahun 1977.

Pasalnya kedua ruangan ini tidak diketahui dengan jelas sebagai tempat untuk melakukan aktivitas ketika masa Belanda. Semenjak menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat kemudian kedua ruangan ini disebut sebagai Aula timur dan barat. Bahkan banyak sekali acara resmi yang dilaksanakan di tempat ini. Sekeliling Aula ini ada ruangan ruangan biro dan staf.

Ada menara yang tidak bisa dilihat dari bawah, itu menara di Gedung Sate paling atas. Untuk menuju tempat ini maka bisa naik tangga kayu maupun menggunakan lift. Ada 6 tangga yang harus dilalui dan setiap tangga terdapat 10 anak tangga.

Jika berada di puncak menara maka pengunjung bisa melihat suasana yang sangat indah dan menyaksikan hasil pembangunan gedung. Jika diperhatikan maka menara ini terdapat teras kopi sehingga seperti cafe-cafe kota Paris.

Apabila menuju puncak menara ini atau bagian gedung teratas maka pengunjung bisa menikmati udara di kota Bandung dengan pemandangan yang sangat indah. Monumen Perjuangan dan lapangan Gasibu bisa dinikmati dari gedung atas.

Bagi yang ingin berkunjung ke gedung bersejarah yang menjadi pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat ini maka bisa langsung menuju ke gedung ini. Akan ada banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke gedung ini.

Leave a Reply