Tempat wisata anak di Bandung – Anda pasti tidak asing dengan film anak-anak yang booming pada pertengahan 2000-an berjudul Petualangan Sherina. Salah satu scene dalam film Petualangan Sherina mengambil latar di Observatorium Bosscha. Ingat yang mana? Ya, pada saat Sherina dan Saddam bersembunyi dari kejaran anak buah Kertarajasa.

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha

Mulanya, tempat ini merupakan lembaga khusus pendidikan dan penelitian, bukan objek wisata. Sejak booming-nya film Petualangan Sherina, Observatorium Bosscha semakin ‘membuka diri’ terhadap publik dan menjadi tempat wisata anak di Bandung yang cukup populer.

Observatorium ini memiliki 12 teleskop (selain teleskop raksasa pada kubahnya) dengan fungsi yang berbeda-beda. Dari ke-12 teleskop, hanya enam teleskop yang masih aktif digunakan untuk kegiatan penelitian. Sementara, keenam sisanya hanya digunakan untuk keperluan pendidikan saja.

Di antara keenam teleskop yang digunakan untuk penelitian tersebut, terdapat GAO Remote Telescope System yang termasuk teleskop jenis Schmidt-Cassegrain merk Celestron yang memiliki cermin 8 inch. Teleskop ini memungkinkan kita melihat penampakan salib selatan yang tidak bisa diamati di belahan bumi lain, seperti Jepang dan Amerika Selatan.

Teleskop ini biasa digunakan untuk mengamati objek-objek membentang, seperti planetary nebula, supernova, komet, dan lainnya termasuk bintang.

Waktu Kunjungan Tempat Wisata Anak di Bandung, Observatorium Bosscha

Tempat Wisata Anak di Bandung
Tempat Wisata Anak di Bandung

Jika Anda masih penasaran dengan Observatorium Bosscha, Anda bisa langsung datang ke Jalan Peneropong Bintang, Lembang, Bandung. Biaya masuknya pun tidak mahal. Tempat wisata di Bandung yang berusia hampir satu abad ini akan lebih menakjubkan jika dikunjungi sesuai jadwal kunjungan. Hari Selasa-Jumat (09.00 – 13.00), Bosscha hanya menerima kunjungan dari instansi/sekolah/organisasi.

Sedangkan, untuk kunjungan umum atau perorangan, Bosscha bisa dikunjungi pada hari Sabtu (09.00 – 13.00). Kapasitas maksimum pada hari-hari tersebut adalah 200 orang. Pada hari Minggu dan Senin, Bosscha tidak menerima pengunjung.

Tempat wisata di Bandung ini semakin seru jika dikunjungi pada musim kemarau (sepanjang April – Oktober). Pada bulan-bulan ini, khusus hari Kamis dan Jumat, Anda bisa mengikuti program kunjungan malam dan mencoba Teropong Bamberg, jika langit cerah. Pengalaman yang sangat menarik, bukan? Yuk ajak Anda untuk menikmati liburan sambil belajar di Observatorium Bosscha.

Leave a Reply