5 Tips Menyewa Transportasi Wisata yang Wajib Anda Ketahui

Menyewa transportasi wisata adalah suatu kemudahan bagi para wisatawan yang bepergian secara berkelompok atau rombongan karena pastinya akan lebih mudah dan juga lebih praktis. Banyak sekali sekarang ini jasa yang menyewakan mobil, elf dan bus untuk kemudahan berwisata para wisatawan maupun turis luar negeri.

Karena banyak jasa seperti ini yang bertebaran di daerah – daerah wisata seperti bali, jogja, lombok, dll maka pastinya Anda sebagai wisatawan yang ingin berwisata dan menyewa transportasi pariwisata ini harus lebih jeli dan teliti agar Anda bisa mendapatkan kendaraan yang bagus dan juga dengan harga yang murah. Nah bagi Anda yang ingin berwisata dan menyewa transportasi pariwisata ini saya akan memberikan lima tips menyewa transportasi wisata yang harus atau wajib Anda ketahui.

5 Tahapan yang harus Anda lakukan ketika akan menyewa transportasi pariwisata.

– Pemesanan transportasi

– Memilih kapasitas kendaraan

– Fasilitas transportasi pariwisata tersebut

– Pembayaran

– Waktu reservasi

1. Pemesanan Transportasi

Anda bisa melakukan pemesanan transportasi pariwisata ini di tempat penyedia jasa tersebut dan juga karena di zaman yang semakin maju ini Anda juga bisa memesan lewat website jasa tersebut ataupun pemesanan dengan cara lama yaitu lewat telepon.

Disini yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus menyewa transportasi pariwisata ini dari jasa yang benar – benar sudah terpercaya dan terbukti mempunyai pelayanan dan pengalaman yang baik di bidangnya. Biasanya ketika Anda akan menyewa kendaraan Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan seperti ini :

– Tanggal pemakaian kendaraan

– Durasi penyewaan

– Kapasitas penumpang yang akan dibawa

– Tujuan atau destinasi wisata

Itulah pertanyaan – pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh customer service jasa sewa transportasi pariwisata, dan Anda harus menjawabnya dengan benar karena itu digunakan untuk data pemesanan Anda dan juga untuk menentukan harga penyewaan.

2. Memilih kapasitas kendaraan

Tentunya sebelum Anda memesan Anda sudah harus mengetahui berapa orang yang akan ikut atau berapa orang yang akan berwisata bersama Anda karena dengan begitu Anda bisa menentukan kendaraan apa yang akan Anda sewa. Seperti contoh ketika Anda pergi hanya bersama 4 sampai 6 orang maka Anda hanya butuh menyewa sebuah mobil tapi ketika Anda berwisata bersama lebih dari 6 orang maka Anda bisa menyewa elf ataupun jika rombongan Anda lebih dari 15 orang Anda bisa menyewa bus pariwisata. Nah untuk bus pariwisata biasanya minimal jumlah kursi 24 dan maksimalnya 59 kursi, untuk bus pariwisata berukuran medium biasanya muat 27 sampai 31 kursi.

3. Fasilitas transportasi pariwisata

Biasanya harga yang ditawarkan oleh jasa persewaan tersebut sudah mencakup biaya operasional seperti bensin dan juga supir tapi kebanyakan untuk masuk tol, parkir dan juga tiket masuk destinasi wisata biasanya si penyewa harus membayar sendiri. Nah sekarang karena banyaknya jasa – jasa atau agen – agen yang bergerak di bidang ini maka persaingan untuk memberikan fasilitas yang terbaik pun semakin ketat terutama untuk bus pariwisata. Fasilitas yang sekiranya wajib ada di dalam bus pariwisata adalah ac, tv, leg room yang luas, plug in.

4. Pembayaran

Sekarang jasa – jasa penyewaan seperti ini sudah memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran, pembayaran pun bisa Anda lakukan lewat bank ataupun atm.

Nah setelah Anda melakukan pemesanan dan menentukan tanggal keberangkatan maka setelah itu lebih baik Anda langsung membayarkan DP ( down payment ) nah setelah itu baru ketika sudah mendekati tanggal – tanggal keberangkatan Anda bisa melunasi sisa pembayaran tersebut, usahakan H – 7 pembayaran sudah lunas. Dan juga pada tahap pembayaran ini pastikan bahwa Anda benar – benar menyewa kendaraan pada jasa yang sudah terpercaya agar Anda tidak tertipu.

5. Waktu reservasi

Sebenarnya Anda bisa melakukan penyewaan atau pemesanan kendaraan kapan saja tapi kadang pada waktu – waktu tertentu seperti pada musim liburan atau akhir tahun penyewa jasa ini akan meningkat dan kemungkinan ketika Anda akan menyewa di waktu – waktu ini Anda akan kehabisan bus maka dari itu Anda harus melakukan pemesanan kendaraan wisata dari jauh – jauh hari untuk berjaga – jaga ketika ada lonjakan penyewaan.

Dan juga yang harus diperhatikan ketika Anda menyewa bus dalam waktu – waktu liburan maka biasanya kebanyakan jasa penyewaan ini akan menaikan harga sewa kendaraannya, maka dari itu Anda juga harus memperhatikan waktu penyewaan agar bisa mendapatkan harga yang ideal.

Itulah beberapa tips menyewa transportasi pariwisata yang bisa Anda praktekkan ketika Anda ingin berwisata bersama keluarga ataupun bersama teman – teman Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang ingin menyewa tranportasi wisata. Semoga wisata Anda menyenangkan.

Hubungi Marketing Transportasi Pariwisata

PT Kurnia Utama Adiraya

marketing@kurniautama.com

WA 085222212226

Leave a Reply