Museum merupakan salah satu destinasi liburan keluarga yang banyak dikunjungi oleh wisatawan pada saat libur panjang, libur hari raya, ataupun cuti bersama. Salah satu museum yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga di liburan yang akan datang adalah Museum Geologi Bandung.

Museum yang dibangun pada tahun 1928 ini dikelola langsung oleh Pemerintah Bandung dengan bantuan dana dari Jepang. Museum saat ini seringkali menjadi tempat tujuan sekolah-sekolah di sekitar Bandung untuk kegiatan study tour.

Koleksi Unik Yang Di Pamerkan Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Museum ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi sekolah-sekolah karena koleksi yang dimiliki memberikan edukasi dan nilai-nilai sejarah kepada para siswa. Tidak hanya terdapat fosil, mineral, dan bebatuan, di tempat ini Anda juga dapat mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bumi, pemanfaatan sumber daya, bencana alam, cara mengolah energi dan lain-lain.

Museum Geologi Bandung dibagi menjadi dua lantai dengan koleksi yang berbeda-beda di setiap lantainya. Di lantai satu, kita dapat melihat tiga ruangan yang berbeda. Ketiga ruangan tersebut berisi animasi kegiatan geologi, sistem tata surya, keadaan geologi Indonesia, fosil manusia purba, hipotesis terjadinya Bumi, sejarah evolusi manusia menurut teori Darwin, fosil dinosaurus Tyrannosaurus Rex Osborn atau yang biasa dikenal sebaga T-Rex, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di lantai dua, koleksi yang disuguhkan kepada pengunjung antara lain bebatuan asal Papua, miniatur pengeboran minyak dan gas bumi, rekaman kegiatan eksplorasi sumber daya mineral, cara mengolah mineral dan energi, cara memanfaatkan sumber daya air dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang senang dan tertarik pada hal yang berkaitan dengan Bumi, struktur, dan sejarahnya, maka tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk meningkatkan wawasan Anda tentang Bumi dan ilmu geologi. Museum ini buka dari jam 09.00 sampai dengan 15.30 WIB pada hari Senin sampai Kamis dan pada jam 09.00 sampai dengan 13.30 di hari Sabtu dan Minggu.

Baca juga : Wisata Tebing Keraton Bandung

Museum ini tutup setiap hari libur nasional dan hari Jumat. Lokasi museum ini sangat strategis dan mudah dicapai karena berada di tengah-tengah kota Bandung. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika anda tinggal di wilayah Karawang, Cikarang, dan Cikampek, namun terlalu malas untuk menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menyewa mobil Avanza atau Elf Short maupun Elf Long sebagai gantinya sehingga mempermudah Anda untuk menuju lokasi museum ini.

Leave a Reply