Wisata Tebing Keraton Saat pertama kali mendengar nama Tebing Keraton pasti yang terbayang adalah sebuah tebing bekas bangunan keraton. Jika begitu, dugaan Anda salah.

Tebing Keraton adalah nama sebuah objek wisata di Bandung berupa tebing bentukan alam, karena memang keadaan geografis Bandung banyak di dominasi oleh daerah pegunungan. Sehingga, tebing adalah pemandangan yang tak asing lagi di daerah Bandung.

Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung

Sebelum diberi nama Tebing Keraton, objek Tebing Keraton ini bernama Tebing Jontor karena bentuk tebingnya yang agak menjorok. Kemudian pada tahun 2014, Pak Ase, sang penemu objek wisata ini mengganti nama objek wisata tersebut. Sebab, keraton menggambarkan kemegahan dan keindahan, persis seperti panorama alam di sekitar Tebing Keraton.

Beberapa tahun belakangan, seiring dengan pesatnya kemajuan dunia digital dan media sosial, objek Tebing Keraton menjadi sangat populer. Kepopuleran ini ditandai dengan meningkatnya wisatawan yang datang ke Tebing Keraton untuk sekedar berswafoto, hunting foto, atau keperluan pre wedding.

Selain panoramanya yang indah, rupanya pengunjung juga menantikan ‘kehadiran’ matahari dari ufuk barat Tebing Keraton dan matahari terbenam. Ini menjadi salah satu momen paling fenomenal di tempat ini. Momen-momen inilah yang menjadi salah satu alasan bagi wisatawan betah berkunjung ke tebing ini.

Rute Menuju Wisata Tebing Keraton

wisata Tebing Keraton
wisata Tebing Keraton

Untuk menuju ke tempat ini Tebing Keraton, wisatawan perlu memiliki stamina prima, karena perjalanana yang ditempuh cukup melelahkan untuk bisa sampai ke puncak tebing. Dari stasiun Bandung, Anda tinggal melanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Ir. H. Djuanda dan terus menuju ke arah ITB (Institut Teknologi Bandung). Setelah sampai di terminal Dago, lanjutkan perjalanan hingga menemukan jalan bercabang dua.

Baca juga : Tempat hits bandung

Jalan sebelah kiri menuju daerah Dago Giri, sedang ke kanan ke Dago pakar. Ambillah jalan ke kanan menuju Dago Pakar. Dari sana, Anda tinggal menuju ke arah Taman Hutan Raya Djuanda dan menemukan simpang tiga. Tak jauh dari simpang tiga, ada Warung Bandrek yang biasa menjadi tempat peristirahatan wisatawan Tebing Keraton. Tidak jauh dari warung tersebut, objek wisata Tebing Keraton sudah bisa Anda kunjungi.

Leave a Reply